IPI: MUKA LAMA MASIH TERKUAT DIPARE-PARE.

Senin, 20-desember 2011.
Hasil Survei (IPI) Indeks Politica Indonesia, Terkait Bakal calon wali kota Pare-pare, Taufan Pawe mengungguli elektabilitas dan popularitas Faisal A Sapada pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pare-pare 2013 mendatang.

Berdasarkan hasil survei IPI yang digelar bulan desember 2011 lalu menyebutkan, sebanyak 33,11 % responden memilih Taufan sedangkan Faisal hanya mengantongi 23,50 %.“Kepantasan Taufan Pawe sangat seiring dengan popularitasnya yang mencapai 83%,” tutur Direktur Eksekutif (IPI) Indeks Politica Indonesia, Suwadi Idris Amir.

Survei tersebut dilakukan terhadap 400 responden yang tersebar di semua desa dan kelurahan di empat kecamatan Kota Parepare dengan tingkat kepercayaan survei sebesar 95% dan margin error sekitar 3,8 %. Diketahui,Taufan dan Faisal merupakan mantan calon wali kota Pare-pare pada Pilkada 2008 lalu.

Lantas bagaimana peluang Sjamsu Alam? Tingkat elektabilitas Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pare-pare itu berada diurutan ketiga yakni sebesar 19,04 % atau sejajar dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pare-pare dari Partai Golkar,Muhadir Haddade. 13,07 %, Sementara elektabilitas dan popularitas putra Wali Kota Pare-pare non aktif yakni Herman Zain Katoe pun masih sangat jauh tertinggal dari Taufan Pawe dan Faisal A Sapada.

Ketua Gapensi Pare-pare itu hanya mendapat dukungan sebesar 6,10 % dan sangat tipis dengan Taqyuddin Djabbar 5,18 % yang juga berlatar belakang pengusaha. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menjadwalkan pelaksanaan Pilkada Pare-pare akan digelar serentak dengan Sidrap dan Enrekang pada 2013 mendatang.

Pilkada serentak ini mengingat masa akhir jabatan masing-masing kepala daerah saling berdekatan sekaligus untuk menghindari adanya mobilisasi massa. Tandasnya.''(*)