IPI Jagokan Taufan Pawe di Parepare

MAKASSAR – Lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis hasil survei terbarunya mengenai popularitas dan elektabilitaspara kandidat yangbakal bertarung di Pilkada Parepare.

Hasil survei yang digelar Maret 2013 itu menempatkan politisi Golkar Taufan Pawe di posisi teratas untuk tingkat elektabilitas dengan persentase survei 23,09%. Disusul Sekretaris Kota Parepare Faisal Andi Sapada 14,10% dan pelaksana wali kota Sjamsu Alam 13,11%.

Sementara mantan calon wakil wali kota Rahman Saleh menempati posisi ke empat, yakni 13,08%, Taqyuddin Jabbar 7,22%, istri Bupati Sidrap Rusdi Masse, Fatmawati 4,09%, serta Arqam Azikin 4,06%. “Untuk bakal calon wakil wali kota yang tertinggi elektabilitasnya adalah Herman Zain Katoe 19,10%. Disusul Rahmat Sjamsu Alam 13,17%, serta Andi Darmawangsa 9,12%,” ungkap Direktur IPI Suwadi Idris Amir melalui rilisnya ke KORAN SINDO,kemarin.

Meski di semua surveinya menempatkan Taufan masih di posisi teratas, namun empat kandidat lainnya sangat berpotensi untuk saling menyalip. Apalagi di sisa waktu enam bulan, semua kemungkinan masih bisa terjadi.

Survei IPI menggunakan metodologi multistage random sampling acak dengan sampel 480 orang responden yang menjadi proporsi 50% pria dan 50% perempuan di semua kecamatan dengan tingkat kepercayaan 95%. _ arif saleh