Survey Amran-Yusuf Mahmud Terus Mengejar Andi Bur

Tribunnews.com - Minggu, 28 April 2013 15:45 WIB
Laporan Reporter Tribun Timur Mahyuddin
TRIBUNNEWS.COM BONE--Popularitas dan elektabilitas bakal calon Bupati Bone Amran Mahmud-Yusuf Mahmud terus mengejar survey bakal calon incumben Bupati Wajo. Seperti yang dilansir Lembaga Indeks Politica Indonesia (IPI) yang melakukan survey pemetaan politik di Kabupaten Wajo per tanggal 15-27 April 2013.
"Sementara ini, baru pasangan Wakil Bupati Amran Mahmud yang mampu mengejar Bupati saat ini. Sementara Sanusi Karatang, M Yunus Panaungi dan Andi Asmidin adalah kuda hidam yang setiap saat dapat mengejar kalau A. Burhanuddin dan Amran Mahmud meremehkan ketiga figur ini," jelas Direktur Eksekutif IPI Suwadi Idris Amir, Minggu (28/4/2013) kepada Tribun.

Ia menjelaskan, figur dan program dari calon peserta pemilukada sangat menentukan untuk menggalang suara masyarakat di Kabupaten Wajo. Selain itu, pengaruh partai politik juga menjadi salah satu strategi dalam menarik perhatian masyarakat. Suwadi menambahkan, setiap calon memiliki keunggulan dari segi figurnya. Selama ini, Andi Burhanuddin dikenal dengan latar belakang Birokrat dan primordialisme sedangkan Amran dianggap figur muda yang merakyat dan relegius.
Adapun hasil survey Lembaga Indeks Politica Indonesia (IPI) dengan jumlah responden 784 orang yang di sebar di 14 kecamatan di Kabupaten Wajo, mencakup 13 nama tokoh balon Bupati Wajo dengan menggunakan metodologi Multistage Random Sampling Acak Berjenjang dengan tingkat kepercayaan 95 Persen Dan Margin Of Error 2,5 Persen.
Memimpin Andi Burhanuddin Unru dengan popularitas mencapai 90,1 persen dan elektabilitasnya 34,09 persen, menempel Amran Mahmud dengan popularitas 80,2 persen dan elektabilitas 28,33 persen,
mengejar Sanusi Karateng dengan popularitasnya 60,5 persen dan leketabilitas 7,41 persen. Sementara M Yunus Panaungi dengan popularitas 55,1 persen dan elektabilitas 5,35 persen, Andi Asmidin dengan popularitas 63,4 persen dan elektabilitasnya 4,14 persen. Sedangkan Andi Syukri Maddong memiliki tingkat popularitas 52,3 persen dengan elektabilats 3,44 persen.
Selain itu, ada tujuh balon bupati yang Elektabilitasnya hanya tiga persen ke bawah, diantaranya,
A Ampa Passamulu dengan popularitas 36,2 persen dan elektabilitas hanya 2,23 persen, A Asriadi Mayang dengan popularitas 33,7 dan elektabilitas hanya 2,14 persen, A Yusuf Mahmud dengan popularitas 28,2 persen namun elektabiltasnya hanya 1,83 persen, A Syahrir Kube Dauda dengan tingkat popularitas 20,5 namun elektabilitasnya hanya 0,91 persen, A Suryadi Beco dengan popularitas 19,3 persen namun elektabilitasnya hanya 0,80 persen dan terakhir Sumardi Arifin dengan tingkat popularitas mencapai (P) 17,8 persen namun elektabilitasnya hanya 0,31 persen saja. (Yud)